5 Kesalahan Utama Saat Menggunakan Kondom

5 kesalahan saat menggunakan kondom

Meski kesalahan menggunakan kondom jarang terjadi, bukan tidak mungkin. Namun, kedua hal ini bukanlah satu-satunya kesalahan yang dihadapi pasangan saat menggunakan kondom. Menurut laporan dalam “Life Science”, sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal “Sexual Health” mengulas 50 studi tentang kesalahan penggunaan kondom dari 14 negara (lebih dari 16 tahun) di seluruh dunia.

Kesalahan Saat Menggunakan Kondom

5 kesalahan saat menggunakan kondom

Beberapa kesalahan yang paling umum terjadi antara lain: melepasnya terlambat atau sebelum hubungan berakhir, menyisakan ruang yang cukup di ujung kondom untuk air mani, dan lalai memeriksa kemasan untuk mengetahui kedaluwarsa atau cacat produk. Para peneliti mengatakan kesalahan sepele ini akan memberi Anda dan pasangan lebih banyak peluang untuk kehamilan yang tidak diinginkan dan penyebaran penyakit menular seksual.

Berikut adalah 5 kesalahan menggunakan Kondom Bagus yang sering dialami para pria :

1. Pemasangan Kondom Terlambat

Setelah hubungan seksual dimulai, sekitar 17-51,1% pasangan melaporkan menggunakan kondom baru. Studi lain menemukan bahwa tingkat penggunaan tertunda kasus hubungan seksual meningkat dari 1,5% menjadi 24,8%.

Menunggu terlalu lama untuk memakai kondom berisiko. Banyak pria menunggu pemanasan selesai sebelum menggunakan kondom. Tidak ada masalah nyata dengan strategi ini-kecuali pemanasan Anda melibatkan segala bentuk penetrasi. Air mani pria mungkin mengandung sperma sebelum ejakulasi. Kontak kulit dapat menyebabkan penyakit menular seksual atau kehamilan.

2. Terlalu Cepat Menggunakan Kondom

Bukan pilihan bijak untuk menggunakannya sebelum waktunya ketika penis bahkan tidak ereksi. Ini mungkin berarti kondom tidak sesuai dan ada risiko penis kendur atau robek setelah ereksi. Gunakan kondom hanya saat penis sebagian atau seluruhnya ereksi.

3. Terlalu Cepat Melepas

Dalam penelitian ini, 13,6% hingga 44,7% orang melaporkan melepas kondom sebelum waktunya – hingga hubungan seksual benar-benar berakhir. Studi lain menemukan bahwa tingkat pelepasan dini kondom adalah 1,4% hingga 26,9%. Menyerahkan perlindungan menempatkan Anda pada risiko penyakit menular seksual dan kehamilan yang tidak diinginkan. Yang terbaik adalah melepas kondom sebelum penis benar-benar “berkontraksi”, karena ini akan meninggalkan lebih banyak ruang di kondom dan meningkatkan kemungkinan air mani meluap atau kondom lepas. Jika dipakai terlalu lama, efeknya kurang baik, dan akan menyebabkan ejakulasi menggumpal. Ini dapat mengiritasi kulit karena air mani mengandung banyak molekul anti-inflamasi. Selain itu, sperma yang tersisa akan bercampur dengan cairan sebelum ejakulasi berikutnya, jika dibiarkan terlalu lama akan menyumbat uretra penis

4. Membuka Gulungan Kondom Sebelum Memakainya

Antara 2,1% dan 25,3% melaporkan bahwa mereka telah membuka sepenuhnya kondom sebelum mulai menggunakannya. Ini mungkin tampak sepele, tetapi membuka seluruh kondom sebelum meletakkannya di penis sebenarnya meningkatkan kesulitan dalam menggunakannya dan membuat Anda berisiko robek atau rusak.

Cara yang benar untuk menggunakan kondom adalah seperti memakai kaos kaki – kumpulkan bahan yang kusut di bagian atas kepala penis, lalu gulung perlahan dari kelompok yang keriput untuk memastikan kondom tidak akan berubah dan aman. Rentangkan sepenuhnya ke bawah – tidak seperti memakai kaus kaki, biasanya ditarik langsung dari atas. Kuncinya adalah menciptakan pintu masuk yang nyaman untuk penis Anda sehingga Anda bisa memasukkannya ke dalam kondom tanpa membuatnya robek.

5. Tidak Menyisakan Ruang Di Ujung

24,3-45-45,7% dari responden penelitian melaporkan bahwa tidak ada sedikit ruang tersisa di kepala penis di dalam air mani. Biasanya dianjurkan untuk menyisakan ruang kosong sekitar 1,5 cm di ujung kondom untuk menutupi ejakulasi. Kondom bergerak selama hubungan seksual – ditarik, diregangkan, “tercekik” atau melonggarkan kepala penis. Pastikan untuk mencubit ujung kondom saat memasukkan kondom untuk mengurangi ruang ejakulasi. Jika tidak, air mani bisa bocor.

Itulah bermacam-macam kesalahan menggunakan kondom yang masih sering ditemukan. Untuk Anda yang masih merasa memiliki kesalahan dalam mengunakan kondom, Anda dapat memahami cara penggunaannya. Anda juga dapat mempelajari cara memilih kondom terbaik pada artikel https://fiestacondoms.com/kondom-terbaik/.